Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Sayur Bayam

Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Sayur Bayam

Sayur Bayam

Amaranthus adalah sebutan untuk bayam dimana dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Amaranth Grain. Jenis pohonnya masuk ke dalam sayuran hijau sangat mudah kita temukan di Indonesia bahkan bisa tumbuh liar di pinggir jalan. Sayur bayam sangat terkenal dengan kandungan zat besi.

Sejauh ini berbagai metode telah dikembangkan untuk membudidayakan bayam mulai dari pertanian konvensional di area tanah yang luas maupun perkebunan organik budidaya secara vertikal hal ini memungkinkan untuk daerah yang minim lahan pertanian.

Daun bayam merupakan salah satu sayur populer di kawasan Asia Tenggara bahkan hampir setiap lapisan masyarakat tanpa memandang golongan ekonomi pernah mengkonsumsi sayur yang satu ini baik dikemas dalam hidangan sup bayam atau diolah dalam bentuk lainnya yang lebih modern dan praktis seperti yang sering kita temui di supermarket.

Berikut tabel kandungan gizi nutrisi sayur bayam dalam 100 gram:

Kandungan Satuan Jumlah
Air g 11,29
Energi kcal 371
Protein g 13.56
Lemak total g 7,02
Karbohidrat g 65.25
Serat total g 6,7
Gula total g 1,69
Kalsium, Ca mg 158
Besi, Fe mg 7,61
Magnesium, Mg mg 248
Phosphorus, P mg 557
Potassium, K mg 508
Sodium, Na mg 4
Zinc, Zn mg 2,87
Vitamin C mg 4,2
Thiamin mg 0,116
Riboflavin mg 0,2
Niacin mg 0,923
Vitamin B-6 mg 0,591
Folate, DFE µg 82
Vitamin B-12 µg 0.00
Vitamin A, RAE µg 0
Vitamin A, IU IU 2
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 1,19
Vitamin D (D2 + D3) µg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) µg 0.0
Asam lemak, total saturated g 1,459
Asam lemak,, total monounsaturated g 1,685
Asam lemak, total polyunsaturated g 2,778
Asam lemak, total trans g 0
Kolesterol mg 0
Caffeine mg 0
Sumber: USDA  

Pohon bayam memiliki 11,2% kandungan air dan tidak banyak yang menduga dia mampu menghasilkan energi lebih tinggi yaitu 371 kcal dibandingkan dengan buah manggis. Kalori ini didapat dari kandungan gula total 1,6%, karbohidrat 65,2%, protein 13,5%, dan lemak total 7%. Satu lagi ada 6 koma 7% serat total.

Ini yang menarik dari sayur bayam di mana dia sangat kaya kandungan mineral mulai dari fosfor sebesar 0,05% jumlah yang sama berlaku juga untuk potasium kalium. Selanjutnya diikuti magnesium 0,02 persen, kalsium 0,01 persen, dan tentu saja komposisi zat besi dengan nilai 7,61 mg.

Sebagian besar masyarakat mengetahui pentingnya mengkonsumsi sayur karena kandungan vitamin A di dalamnya tetapi jangan berharap banyak terhadap sayur bayam karena dari tabel diatas keberadaan vitamin A tersebut jumlahnya tidaklah terlalu besar. Komposisi vitamin C terlihat lebih mendominasi dengan angka 4,2 mg ada juga asam folat sebesar 82 unit gram. Sayur bayam juga memiliki vitamin E alfa tokoferol.

Ini yang perlu digarisbawahi dimana sayur bayam memiliki komposisi asam lemak cukup tinggi baik itu asam lemak saturated sebesar 1,4%, monounsaturated berjumlah 1,6%, dan dan polyunsaturated 2,7%. Tidak ada kandungan kolesterol juga kafein pada sayur bayam.

Dan inilah khasiat manfaat kandungan gizi nutrisi sayur bayam:

1. Mengatasi anemia
Tingginya kadar zat besi di dalam sayur bayam menjadikannya sebagai salah satu sumber nutrisi nabati untuk membantu pembentukan sel darah merah hemoglobin dimana elemen tersebut dibutuhkan tubuh ketika proses pemecahan sel darah merah yang sudah tua diregenerasi menjadi hemoglobin.

Sayur bayam merupakan salah satu sayur yang disarankan untuk penderita penyakit anemia atau kurang darah. Banyak yang salah paham kurang darah berbeda jauh dengan darah rendah, darah rendah artinya tekanan darah dibawah angka normal kebalikan dari penyakit hipertensi.

2. Nutrisi saat menstruasi
Bagi para wanita yang sedang memasuki masa menstruasi atau haid mengkonsumsi sayur bayam merupakan keputusan tepat karena seperti yang kita ketahui di atas kandungan zat besi cukup tinggi yang membantu regenerasi sel darah merah begitu dibutuhkan.

Saat berada dalam masa menstruasi tubuh kehilangan beberapa cairan khususnya darah merah. Inilah waktu yang tepat bagai sayur bayam untuk memberikan pertolongan.

3. Sumber energi alternatif
Seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari dimana sumber energi utama kita adalah Premium atau Bensin atau Pertamax ada yang namanya energi alternatif mulai populer saat ini yaitu listrik bisa kita lihat sudah semakin banyak produsen yang meluncurkan mobil listrik.

Begitu juga energi bagi tubuh dimana sumber utama khususnya kita yang tinggal di Indonesia adalah nasi, sayur bayam bisa dijadikan alternatif atau sebagai tambahan karena biar mampu menghasilkan energi 371 kilo kalori dalam 100 gram.

4. Memelihara tekanan darah
Khusus bagi hipertensi yang terjadi karena tingginya kadar garam di dalam darah sayur bayam bisa dijadikan solusi karena kandungan potasium kalium serta magnesiumnya bisa dibilang tinggi sebagai upaya penetralisir garam atau natrium.

5. Menjaga kesehatan rambut
Mungkin tidak banyak yang tahu khasiat dan manfaat sayur bayam yang satu ini tetapi bisa kita lihat dari tabel diatas ada komposisi zat Zink yang menjadi nutrisi tambahan untuk kesehatan rambut bersama dengan vitamin A.

Karena jumlah vitamin A tidak terlalu tinggi di dalam sayur bayam bisa dikombinasikan dengan wortel.

6. Baik untuk perkembangan otak
Komposisi asam folat juga ada di dalam tabel gizi nutrisi sayur bayam. Elemen ini penting sekali selama proses perkembangan dan pertumbuhan otak anak dimulai ketika masih di dalam kandungan hingga dia berusia 5 tahun. Untuk itu bisa dikatakan sayur bayam merupakan gizi nutrisi wajib bagi ibu hamil.

Baca: Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Manggis

7. Positif bagi saluran pencernaan
Pada tabel diatas kita lihat ada komposisi serat total di dalam sayur bayam dan itu artinya jenis sayuran yg memiliki manfaat baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Sekaligus mengurangi risiko kita menderita penyakit sembelit atau kesulitan buang air besar. Masalah ini sering terjadi pada orang yang kurang minum air, minimnya pergerakan fisik, termasuk rendahnya konsumsi serat per hari.

Penting:
Sedikit informasi tambahan meskipun sayur bayam diagung-agungkan karena kandungan zat besinya yang tinggi dan manfaatnya dalam mengatasi penyakit anemia tetapi salah dalam pengolahan bisa mengakibatkan keracunan. Sayur bayam yang sudah dimasak khususnya dalam suhu hangat seperti direbus sebaiknya langsung dikonsumsi jika didiamkan atau disimpan berjam-jam dan dimasak ulang kembali untuk dihangatkan maka zat besi tersebut akan menjadi toksin.

Inilah mengapa banyak orang kemudian mengalami keracunan makanan khususnya sayur bayam.

Jadi itulah khasiat manfaat & tabel kandungan gizi nutrisi sayur bayam semoga artikel bisa memberikan informasi tambahan dan referensi.