Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Sukun

Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Sukun

Buah Sukun

Sukun memiliki nama ilmiah Artocarpus Altilis dimana pohonnya tumbuh tinggi bisa mencapai ketinggian 30 meter banyak ditemukan di negara beriklim tropis. Buahnya tidak memiliki biji dan dagingnya sangat empuk banyak digunakan sebagai bahan makanan olahan yaitu keripik atau dikukus.

Buah sukun yang masih muda berwarna hijau setelah masak menjadi agak kekuningan, besarnya sekitar 15 sampai 25 cm. Selain dijadikan keripik daging buah sukun bisa juga diolah menjadi tepung.

Berikut ini tabel kandungan gizi nutrisi buah sukun dalam 100 gram:

Kandungan Satuan Jumlah
Air g 70.65
Energi kcal 103
Protein g 1,07
Lemak total g 0.23
Karbohidrat g 27,12
Serat total g 4,9
Gula total g 11
Kalsium, Ca mg 17
Besi, Fe mg 0.54
Magnesium, Mg mg 25
Phosphorus, P mg 30
Potassium, K mg 490
Sodium, Na mg 2
Zinc, Zn mg 0.12
Vitamin C mg 29.0
Thiamin mg 0,11
Riboflavin mg 0,03
Niacin mg 0,9
Vitamin B-6 mg 0,1
Folate, DFE µg 14
Vitamin B-12 µg 0
Vitamin A, RAE µg 0
Vitamin A, IU IU 0
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 0.10
Vitamin D (D2 + D3) µg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) µg 0.5
Asam lemak, total saturated g 0,048
Asam lemak,, total monounsaturated g 0,034
Asam lemak, total polyunsaturated g 0,066
Asam lemak, total trans g 0
Kolesterol mg 0
Caffeine mg 0
Sumber: USDA  

Ada 70% kandungan air di dalam daging buah sukun dia juga menghasilkan cukup kalori sekitar 103 kcal yang didapat dari 11% gula total, 27% karbohidrat, dan 1% protein. Terdapat 0,2% lemak total memang tidak terlalu besar dibandingkan dengan komposisi serat yang mencapai 4,9%.

Seperti buah pada umumnya kandungan mineral tertinggi di dalam daging buah sukun adalah potassium kalium jumlahnya 0,04%. Kemudian diikuti fosfor magnesium, kalsium, dan sedikit zink. Buah sukun tidak terlalu kaya dengan kandungan vitamin angka terbesar ada di sektor vitamin C asam askorbat yaitu 29 mg.

Sedangkan komposisi asam lemak sangat kecil begitu juga kandungan kolesterol hampir tidak ada di dalam buah sukun termasuk kandungan kafein kadarnya 0% seperti pada buah leci.

Ini adalah khasiat dan manfaat kandungan gizi nutrisi buah sukun:

1. Penambah energi
Dari seluruh komposisi gizi dan nutrisi di dalam buah sukun yang tertinggi memang produk bahan baku energi yaitu karbohidrat, glukosa, dan protein inilah alasan kuat mengapa dagingnya kerap dijadikan olahan tepung.

Menghasilkan 103 kilo kalori merupakan angka yang cukup untuk membantu menambah kebutuhan energi bagi tubuh ditambah dengan makanan pokok nasi.

2. Mencegah penyakit ginjal
Memang belum ada penelitian secara pasti terkait manfaat daging buah sukun untuk mengobati dan mencegah penyakit ginjal tetapi kandungan saponin, asam hidrosianat, asetilkolin, polifenol, dan lain-lain bisa membantu tubuh terhindar dari masalah penyakit ginjal.

Apalagi kandungan protein di dalam daging buah sukun tidak terlalu tinggi sekitar 1 gram dari 100 gram. Dimana biasanya penderita penyakit ginjal dihimbau untuk menghindari konsumsi protein tinggi karena bisa mengakibatkan kebocoran semakin tinggi pada bagian filtrasi ginjal.

Baca: Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Markisa

3. Menyehatkan saluran pencernaan
Seperti yang kita lihat pada tabel di atas kadar surat utang lebih besar daripada kandungan protein pada buah sukun dan ini artinya dia memiliki khasiat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan konsumsi cukup serat organ pencernaan khususnya di bagian usus besar bisa bekerja lebih optimal contohnya ketika mengolah sisa-sisa makanan yang telah diserap oleh usus halus menjadikannya lebih lembek sehingga mudah dikeluarkan dari anus.

4. Mencegah penyakit ambeien
Dalam hal ini konteksnya adalah mencegah bukan berarti mengkonsumsi daging buah sukun bisa mengobati penyakit ambeien. Tentu saja karena komposisi total serat cukup tinggi. Penyakit ambeien bisa terjadi karena sisa-sisa makanan dalam bentuk kotoran di ujung usus besar terlalu keras sehingga mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah, apabila kotoran teksturnya sudah lebih lembek tentu akan lebih mudah keluar dari tubuh.

Dari penjelasan diatas manfaat lain dari serat yang ada pada buah sukun mampu mencegah gangguan susah buang air besar atau sembelit.

5. Obat asam urat
Untuk manfaat yang satu ini juga belum ada penelitian secara konferensi namun secara tradisional masyarakat menggunakan daun pohon sukun diolah secara herbal untuk mengatasi penyakit asam urat dicampur dengan beberapa bahan herbal lainnya seperti madu.

6. Mengatasi penyakit jantung
Beberapa penelitian skala nasional menemukan ada kandungan flavonoid juga sitosterol di dalam daging buah sukun yang disinyalir secara ilmiah berkhasiat menjaga kesehatan jantung dengan cara kerja memelihara pembuluh darah jantung terhindar dari penyumbatan baik oleh kolesterol maupun asam lemak jahat.

7. Menjaga tekanan darah tetap normal
Bila rutin mengkonsumsi sukun meskipun tidak setiap hari bisa membantu tubuh terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi karena terdapat kandungan potasium kalium di dalamnya dan ini adalah elemen tertinggi dari seluruh mineral dalam buah sukun.

Kalium memiliki manfaat menyeimbangkan asam basa apabila kadar natrium atau garam terlalu tinggi di dalam darah.

Penting:
Perhatian khusus bagi penderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis sebelum mengkonsumsi buah itu sebaiknya berkonsultasi ke ahli gizi untuk memastikan pemenuhan kebutuhan kalori karena didalamnya terdapat banyak sumber kalori seperti gula total, karbohidrat, dan protein.

Jadi itulah khasiat manfaat & tabel kandungan gizi nutrisi buah sukun.