Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Srikaya

Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Srikaya

Buah Srikaya

Jangan sampai tertipu bentuknya memang mirip dengan buah sirsak tetapi srikaya merupakan jenis yang berbeda dalam bahasa Inggris disebut Sugar Apples. Perbedaan mendasar dengan buah sirsak adalah daging srikaya tidak terlalu padat dan bijinya pun berukuran relatif besar berwarna hitam.

Pohon sirkaya bisa tumbuh hingga ketinggian 5 m tekstur luar buahnya kasar seperti tumpukan batu kerikil. Apabila sudah masak bisa dikonsumsi secara langsung hanya saja hati-hati dengan batunya yang berjumlah banyak.

Tidak hanya dikonsumsi langsung daging buah srikaya kerapkali diolah oleh para pakar pembuat kue untuk dijadikan kue srikaya.

Berikut ini tabel kandungan gizi nutrisi buah srikaya dalam 100 gram:

Kandungan Satuan Jumlah
Air g 73.23
Energi kcal 94
Protein g 2,06
Lemak total g 0.29
Karbohidrat g 23.64
Serat total g 4,4
Gula total g  
Kalsium, Ca mg 24
Besi, Fe mg 0.60
Magnesium, Mg mg 21
Phosphorus, P mg 32
Potassium, K mg 247
Sodium, Na mg 9
Zinc, Zn mg 0.10
Vitamin C mg 36.3
Thiamin mg 0,11
Riboflavin mg 0,113
Niacin mg 0,883
Vitamin B-6 mg 0,2
Folate, DFE µg 14
Vitamin B-12 µg 0.00
Vitamin A, RAE µg 0
Vitamin A, IU IU 6
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg  
Vitamin D (D2 + D3) µg  
Vitamin D IU  
Vitamin K (phylloquinone) µg  
Asam lemak, total saturated g 0,048
Asam lemak,, total monounsaturated g 0,114
Asam lemak, total polyunsaturated g 0,04
Asam lemak, total trans g 0
Kolesterol mg 0
Caffeine mg 0
Sumber: USDA  

Kandungan air buah srikaya sekitar 73% jauh di bawah kandungan air pada buah sirsak. Untuk kemampuan menghasilkan energi dia sanggup membakar 94 kilo kalori dan inipun masih di bawah kemampuan buah sukun yang bisa mencapai diatas 100 kilo kalori. Kalori ini didapat dari 2% protein, 23% karbohidrat hanya saja komposisi gula dari tabel diatas tidak diketahui.

Komposisi serat total buah srikaya cukup tinggi yaitu 4%.

Kita beralih ke kandungan mineral paling tinggi ada potasium kalium sekitar 0,02%, diikuti magnesium, fosfor, kalsium, sodium natrium, zat besi juga zink. Kita beralih ke bagian vitamin tertinggi yang ada di dalam buah srikaya adalah Vitamin C kadarnya 36 mg, asam folat 14 ug. Hanya ada sedikit komposisi vitamin A.

Seperti pada buah sirsak kandungan lemak pada buah srikaya sangat kecil begitu juga dengan kadar kolesterol angkanya 0%.

Dan ini adalah khasiat dan manfaat kandungan gizi nutrisi buah srikaya:

1. Memelihara kesehatan pencernaan
Dari tabel diatas bisa kita lihat ada 4% total serat pada buah srikaya ini sama dengan kandungan yang ada pada buah sukun. Serat sangat membantu saluran pencernaan baik dalam proses pergerakan usus besar untuk membuang sisa-sisa makanan yang telah diserap untuk keluar dari tubuh.

2. Membantu mencegah dehidrasi
Meskipun kandungan air buah srikaya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan buah sirsak tetapi komposisi mineral yang ada di dalamnya bisa membuat tubuh terhindar dari dehidrasi khususnya kekurangan cairan dan elektrolit.

Dimana peranan elektrolit dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses metabolisme termasuk aktivitas saraf dalam menunjang aktivitas fisik.

Baca: Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Sukun

3. Sebagai antioksidan
Beberapa studi menunjukkan ternyata buah srikaya memiliki kandungan antioksidan meskipun angkanya tidaklah terlalu tinggi. Tentu saja ini merupakan khasiat atau manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh jika rutin mengkonsumsinya karena mampu mendongkrak daya tahan tubuh agar tidak terlalu mudah sakit.

4. Membantu perkembangan otak
Keberadaan asam folat termasuk thiamin dan riboflavin di dalam buah srikaya memiliki manfaat besar dalam perkembangan dan pertumbuhan otak anak mulai dari usia 0 hingga 5 tahun. Inilah mengapa penting sekali bagi ibu hamil mengkonsumsi buah ini secara langsung tanpa diolah menjadi makanan apalagi tercampur dengan zat berbahaya lainnya.

5. Sebagai antiradang
Selain dengan bantuan antioksidan bagian akar dari pohon buah srikaya juga mengandung flavonoid, alkaloid anonain, saponin, dan polifenol di mana elemen-elemen tersebut membantu mengurangi adanya peradangan pada tubuh seperti ketika kita mengalami infeksi dimana serangan antigen mengakibatkan gejala-gejala infeksi seperti radang.

6. Menurunkan hipertensi
Kadar potasium kalium yang cukup tinggi di dalam daging buah srikaya bisa dimanfaatkan oleh penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi untuk menurunkan blood pressure ke angka normal. Buah ini bisa diaplikasikan khususnya bagi penderita penyakit hipertensi yang diakibatkan karena tingginya kadar natrium di dalam darah.

Bagi penderita kolesterol tinggi tidak perlu khawatir ketika mengkonsumsi buah srikaya karena kandungan lemak jahat atau low density lipoprotein hampir tidak ada. Biasanya jenis lemak ini apabila kadarnya tinggi di dalam aliran darah berpotensi menyebabkan penyumbatan dan jika kasus ini dialami oleh pembuluh darah jantung maka dampaknya adalah penyakit jantung koroner.

Perhatian khusus bagi penderita penyakit gagal ginjal sebelum mengkonsumsi buah srikaya maupun jenis buah lainnya yang mengandung tinggi potassium kalium sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli gizi karena biasanya ada pembatasan konsumsi cairan serta pengawasan ketat terhadap elektrolit tubuh.

Jadi itulah khasiat manfaat & tabel kandungan gizi nutrisi buah srikaya.