Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Rambutan

Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Rambutan

Buah Rambutan

Pohonnya banyak tumbuh di negara beriklim tropis seperti kawasan Asia Tenggara itulah mengapa rambutan kurang populer di daratan Eropa yang identik dengan suhu dingin. Pohon rambutan bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 10 meter dengan daun lebat.

Buah rambutan muda berwarna hijau pekat ketika masak beralih menjadi kuning hingga berwarna merah terang. Ciri khas buah rambutan memiliki bulu dengan ujung berwarna kuning kehijauan.

Daging buah rambutan hampir mirip dengan daging buah leci hanya saja lebih tebal didalamnya memiliki batu berwarna putih dan bisa dibelah. Rasa daging buah rambutan biasanya manis tetapi beberapa varian memiliki rasa asam.

Berikut ini tabel kandungan gizi nutrisi buah rambutan dalam 100 gram:

Kandungan Satuan Jumlah
Air g 78.04
Energi kcal 82
Protein g 0.65
Lemak total g 0.21
Karbohidrat g 20.87
Serat total g 0.9
Gula total g  
Kalsium, Ca mg 22
Besi, Fe mg 0.35
Magnesium, Mg mg 7
Phosphorus, P mg 9
Potassium, K mg 42
Sodium, Na mg 11
Zinc, Zn mg 0.08
Vitamin C mg 4,9
Thiamin mg 0,013
Riboflavin mg 0,022
Niacin mg 1,352
Vitamin B-6 mg 0,02
Folate, DFE µg 8
Vitamin B-12 µg 0.00
Vitamin A, RAE µg 0
Vitamin A, IU IU 3
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg  
Vitamin D (D2 + D3) µg  
Vitamin D IU  
Vitamin K (phylloquinone) µg  
Asam lemak, total saturated g  
Asam lemak,, total monounsaturated g  
Asam lemak, total polyunsaturated g  
Asam lemak, total trans g  
Kolesterol mg 0
Caffeine mg 0
Sumber: USDA  

Komposisi air daging buah rambutan berjumlah 78%, dia sanggup menghasilkan energi sebesar 82 kilo kalori yang didapat dari 20% karbohidrat, 0,6% protein, 0,2% lemak total. Tidak ada informasi pasti terkait kandungan gula total didalamnya tetapi bisa kita temuin 0,9% serat total pada daging buah rambutan.

Keberadaan mineral juga tidak terlalu kaya mulai dari potasium kalium, magnesium, kalsium, sodium, zat besi, dan fosfor angkanya tidak terlalu mendominasi.

Kita beralih ke komposisi vitamin juga hampir sama dengan mineral di dalam buah rambutan tidak ada angka yang begitu besar semua hampir ada dalam jumlah kecil mulai dari vitamin C, vitamin B, vitamin A, dan riboflavin. Untuk komposisi asam lemak total tidak didapatkan informasi pasti sedangkan kadar kolesterol buah rambutan angkanya 0%.

Berikut ini khasiat dan manfaat kandungan gizi nutrisi buah rambutan:

1. Sumber kalori tambahan
Dalam menjalankan metabolisme tubuh kita membutuhkan bahan bakar dari beberapa zat gizi nutrisi baik yang bersumber dari hewani dan nabati. Dari tabel diatas bisa kita lihat buah rambutan mampu memberikan tambahan energi bagi tubuh sebesar 82 kcal.

Buah ini juga cocok dijadikan makanan penutup atau pencuci mulut karena rasanya sedikit manis dimana diakhiri dengan minum segelas air putih untuk menawarkannya.

2. Mencegah dehidrasi
Ketika tubuh kita kehilangan sedikit saja cairan maka gejala-gejala dehidrasi akan langsung muncul sebut saja rasa haus dan penurunan frekuensi buang air kecil. Mengkonsumsi buah rambutan bisa dijadikan solusi untuk mencegah dehidrasi, selain tingginya kandungan air yang mencapai 78 gram didalamnya juga ada komposisi elektrolit untuk membantu kinerja otot dalam beraktivitas.

3. Menjaga kesehatan kulit
Jaringan kulit kita merupakan bagian tubuh kita bisa dibilang paling rakus terhadap air jadi bila kita mengalami penurunan asupan cairan kulit menjadi salah satu area akan menunjukkan gejala seperti kekeringan dan elastisitasnya menurun jauh.

Untuk itu tingginya komposisi air juga beberapa komponen elektrolit di dalam buah rambutan Memberikan manfaat positif untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Menurunkan hipertensi
Walaupun kadar potasium kalium buah rambutan tidak setinggi buah lainnya yang kita bahas sebelumnya namun komposisi ini cukup efektif membantu menurunkan tekanan darah tinggi khususnya yang terjadi karena tingginya kadar garam di dalam darah.

Garam atau natrium dengan jumlah tinggi di dalam aliran darah selain bisa mengakibatkan hipertensi juga mengganggu kinerja organ ginjal.

Catatan:
Satu yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi buah rambutan adalah dampak negatif yang bisa ditimbulkannya adalah sangat mudah menyebabkan panas dalam bila dikonsumsi terlalu banyak. Ini karena rasanya yang kadang sangat manis membuat tenggorokan menjadi terasa tidak nyaman, bagi beberapa orang yang memiliki mukosa saluran pencernaan dan kerongkongan sensitif efek instan yang akan dirasakan adalah batuk.

Untuk itu hindari konsumsi buah rambutan dalam jumlah banyak jika ingin meminimalisir efek buruk tersebut sebaiknya diolah menjadi minuman segar dicampur air dengan komposisi lebih banyak serta ditambah buah lainnya sehingga lebih variatif.

Buah rambutan bisa bertahan cukup lama disimpan dalam lingkungan terbuka apalagi bila kita menempatkannya di almari pendingin.

Jadi itulah beberapa khasiat manfaat & tabel kandungan gizi nutrisi buah rambutan.