Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Nangka

Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Nangka

Buah Nangka

Pohon nangka masuk dalam genus moraceae yang memiliki sebutan ilmiah artocarpus heterophyllus dalam bahasa Inggris disebut jackfruit. Pohonnya bisa tumbuh hingga ketinggian 25 m dan memiliki lebar sampai 1 meter, buah nangka muda berwarna hijau ketika sudah masak warnanya menjadi hijau kekuningan.

Daging buah nangka banyak digunakan untuk masakan khususnya sayur diberi berbagai bumbu rempah. Ada pula di beberapa daerah buah nangka yang masih kecil dikonsumsi secara langsung atau dijadikan sebagai rujak buah.

Ada beberapa jenis atau kelompok buah nangka namun secara umum ada dua yang populer yaitu nangka bubur dan nangka salak. Dimana keduanya cukup mudah kita temukan di negara beriklim tropis khususnya wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pohon buah nangka bisa dilakukan perkawinan silang.

Berikut ini tabel kandungan gizi nutrisi buah nangka:

Kandungan Satuan Jumlah
Air g 73.46
Energi kcal 95
Protein g 1,72
Lemak total g 0.64
Karbohidrat g 23.25
Serat total g 1,5
Gula total g 19,08
Kalsium, Ca mg 24
Besi, Fe mg 0.23
Magnesium, Mg mg 29
Phosphorus, P mg 21
Potassium, K mg 448
Sodium, Na mg 2
Zinc, Zn mg 0,13
Vitamin C mg 13,7
Thiamin mg 0,105
Riboflavin mg 0,055
Niacin mg 0,92
Vitamin B-6 mg 0,329
Folate, DFE µg 24
Vitamin B-12 µg 0
Vitamin A, RAE µg 5
Vitamin A, IU IU 110
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 0,34
Vitamin D (D2 + D3) µg  
Vitamin D IU  
Vitamin K (phylloquinone) µg  
Asam lemak, total saturated g 0,195
Asam lemak,, total monounsaturated g 0,155
Asam lemak, total polyunsaturated g 0,094
Asam lemak, total trans g 0
Kolesterol mg 0
Caffeine mg 0

Dari data tabel di atas bisa kita lihat kandungan air dalam buah nangka mencapai angka 73% ini sedikit lebih rendah apabila dibandingkan dengan buah sirsak dimana secara fisik bentuknya mirip hanya saja buah naga ukurannya lebih besar dan tekstur dagingnya lebih padat. Energi yang mampu dihasilkan sekitar 95 kcal. ini didapat dari 19% gula, 23% karbohidrat, 1,7% protein, dan 0,6% lemak total.

Ternyata kandungan gizi nutrisi mineral buah nangka lebih tinggi dibandingkan yang ada pada buah leci. Dimana terdapat 0,02% kalsium, 0,0 4% potassium kalium, 0,02% magnesium dan fosfor.

Beralih ke komposisi vitamin C buah nangka memiliki 0,01% atau biasa disebut asam askorbat, memiliki cukup vitamin A, asam folat, juga vitamin E. Hanya saja dari tabel diatas kita tidak melihat adanya kandungan vitamin B12 pada buah nangka. Untuk komposisi asam lemak angkanya sangat rendah dalam buah nangka Begitu juga dengan kandungan kolesterol bisa dikatakan tidak ada atau 0%.

Ini adalah manfaat kandungan gizi nutrisi buah nangka:

1. Penambah kalori
Daging buah nangka memiliki komposisi sumber energi cukup padat seperti gula, protein, serta karbohidrat dimana dia mampu menghasilkan 95 kilo kalori. Memang cukup tepat apabila buahnya digunakan sebagai sayur untuk pendamping nasi karena kita bisa mendapatkan energi bersumber dari nabati untuk mengimbangi sumber hewani dari daging.

Hanya saja jika buah ini dikonsumsi secara langsung dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan rasa begah atau kembung pada perut karena selama diproses di dalam usus menghasilkan banyak sekali gas Seperti hal yang kita makan banyak buah jagung.

2. Mencegah penyakit kanker
Beberapa penelitian menunjukkan buah nangka memiliki fitonutrien dan flavonoid secara ilmiah mampu memberikan perlindungan bagi tubuh untuk mencegah penyakit kanker meskipun jumlahnya tidaklah terlalu banyak.

Baca: Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Sirsak

3. Menjaga tekanan darah
Seperti terlihat pada tabel di atas untuk komposisi mineral tertinggi adalah potasium di dalam buah nangka berita baiknya elemen ini bisa membantu tubuh dalam menjaga kadar gula darah tetap normal. Manfaat ini sangat penting bagi penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Memelihara kesehatan mata
Mata merupakan salah satu organ penting tubuh kita dengan fungsi sangat vital jadi kesehatannya menjadi patut diutamakan caranya dengan memberikan gizi nutrisi salah satunya memenuhi kebutuhan vitamin A dan ini bisa kita temui di dalam buah nangka.

5. Baik untuk kesehatan rambut
Dari kombinasi vitamin dalam buah nangka jika kita manfaatkan bisa untuk menjaga kesehatan rambut membuatnya tubuh lebih kuat serta mendapatkan nutrisi lebih optimal. Para ahli banyak memanfaatkan kombinasi vitamin A dengan zat besi untuk memelihara rambut agar terhindar dari kerontokan.

6. Mengobati penyakit asma
Meskipun secara ilmiah belum ada penelitian pasti terkait manfaat buah nangka untuk mengatasi penyakit asma tetapi bagi masyarakat tradisional buah nangka dan akar pohonnya seringkali dijadikan bahan baku obat herbal untuk mengobati penyakit asma.

Itulah manfaat & tabel kandungan gizi nutrisi buah nangka.

Perhatian khusus:
Yang perlu diperhatikan bagi penderita penyakit maag tukak lambung atau gangguan pada usus termasuk diare sebaiknya menghindari konsumsi buah nangka karena gas yang dihasilkan ketika diproses oleh saluran pencernaan bisa memperparah semua masalah kesehatan di atas khususnya apabila dikonsumsi secara langsung tidak diolah.