Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Markisa

Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Markisa

Buah Markisa

Tergolong kedalam jenis passiflora pohon markisa tumbuh subur di wilayah beriklim tropis juga subtropis seperti Amerika. Untuk di wilayah Indonesia sendiri ada dua jenis buah markisa populer diantaranya markisa Ungu dengan ciri pohon tumbuh di dataran tinggi serta markisa kuning pohon yang tumbuh di dataran rendah.

Tekstur daging buah markisa sedikit kenyal dan di dalamnya terdapat biji berwarna hitam. Seringkali dikonsumsi langsung tanpa perlu dicampur dengan bahan lainnya.

Ini adalah tabel kandungan gizi nutrisi di dalam buah markisa 100 gram:

Kandungan Satuan Jumlah
Air g 72.93
Energi kcal 97
Protein g 2,2
Lemak total g 0.70
Karbohidrat g 23.38
Serat total g 10,4
Gula total g 11,2
Kalsium, Ca mg 12
Besi, Fe mg 1,6
Magnesium, Mg mg 29
Phosphorus, P mg 68
Potassium, K mg 348
Sodium, Na mg 28
Zinc, Zn mg 0.10
Vitamin C mg 30.0
Thiamin mg 0
Riboflavin mg 0,13
Niacin mg 1,5
Vitamin B-6 mg 0,1
Folate, DFE µg 14
Vitamin B-12 µg 0.00
Vitamin A, RAE µg 64
Vitamin A, IU IU 1272
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 0.02
Vitamin D (D2 + D3) µg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) µg 0.7
Asam lemak, total saturated g 0,059
Asam lemak,, total monounsaturated g 0,086
Asam lemak, total polyunsaturated g 0,411
Asam lemak, total trans g 0
Kolesterol mg 0
Caffeine mg 0
Sumber: USDA  

Nampak dari tabel di atas ada hampir 73% kandungan air, satu lagi zat yang banyak terdapat di dalamnya adalah karbohidrat 23%, diikuti gula total 11%, protein 2%, sedangkan lemak total hanya 0,7%. Daya tariknya adalah komposisi serat total cukup tinggi angkanya mencapai 10%.

Daging buah markisa juga kaya akan mineral komposisi tertinggi adalah Potassium kalium 0,3%, diikuti fosfor 0,06%. lalu kalsium, zat besi, sodium natrium, dan zink.

Kita lihat jajaran vitamin buah markisa memiliki banyak vitamin C atau asam askorbat angkanya 0,03%, terselip juga asam folat, sedangkan vitamin paling tinggi yang ada di dalam buah markisa adalah vitamin A. Ada sedikit kandungan vitamin K namun komposisi vitamin D hampir tidak ada.

Asam lemak paling tinggi didalam buah markisa adalah jenis polyurethane sedangkan kandungan kolesterol dan kafein angkanya hampir 0%.

Berikut khasiat dan manfaat kandungan gizi nutrisi buah markisa:

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Karena rasanya identik manis juga tidak terlalu tinggi kandungan natrium atau garam didalamnya menjadikan buah markisa memiliki nilai lebih untuk meningkatkan kualitas kesehatan saluran pencernaan.

Kita bisa lihat juga terdapat cukup banyak komposisi serat didalamnya ditambah kandungan air lebih dari 72 gram. Secara sistematis ini membantu kinerja saluran pencernaan baik dalam hal penyerapan sari-sari makanan maupun memprosesnya menjadi sisa-sisa makanan untuk dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk kotoran.

2. Mencegah penyakit ambeien
Ada banyak faktor penyebab penyakit ambeien atau wasir dan yang masuk ke dalam tiga besar adalah kurangnya konsumsi serat yang banyak kita dapat dari makanan organik. Untuk itu rutin mengkonsumsi buah markisa setidaknya satu kali dalam seminggu bisa membantu saluran pencernaan juga bagian anus memproses sisa-sisa makanan menjadikannya lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh.

Dengan skema seperti ini secara efektif mampu menghindari tubuh kita dari penyakit ambeien.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan antioksidan di dalam buah markisa memiliki khasiat membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak terlalu muda terserang antigen yang berujung pada penurunan daya tahan tubuh.

Baca: Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Nangka

4. Mengatasi dehidrasi
Tingginya kadar air pada buah markisa merupakan indikasi bahwa dia mampu memberikan asupan cairan bagi tubuh kita sehingga terhindar dari dehidrasi. Apalagi komposisi elektrolit yang ada di dalamnya cukup komplit dimana zat-zat tersebut merupakan bagian dari bahan baku metabolisme tubuh.

5. Mencegah hipertensi
Seperti yang sering kita ketahui ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh bisa memicu gangguan tekanan darah salah satunya hipertensi atau tekanan darah tinggi di mana kadar natrium sangat tinggi di dalam aliran darah. Disinilah khasiat dan manfaat potasium kalium yang ada pada buah markisa bisa membantu menyeimbangkan asam basa di dalam darah sehingga menghindari tubuh dari penyakit hipertensi.

6. Menyehatkan kulit
Tingginya komposisi air dan serat buah markisa bisa membantu kulit terhindar dari kekeringan khususnya bagi Anda yang sering berada dilingkungan ber AC.

Secara umum buah markisa cukup aman dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, maupun penderita kolesterol tinggi karena beberapa kandungan yang ada didalamnya tidak menunjukkan bisa memperparah penyakit-penyakit tersebut.

Hanya saja untuk penderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis karena buah markisa menghasilkan 97 kilo kalori yang didapat dari gula total 11% dan karbohidrat 23% perlu mewaspadainya dengan berkonsultasi dengan ahli gizi di layanan kesehatan untuk memastikan kebutuhan kalori dan pemenuhan nutrisi.

Jadi itulah khasiat manfaat & kandungan gizi nutrisi buah markisa.