Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Leci

Manfaat & Tabel Kandungan Gizi Nutrisi Buah Leci

Buah Leci

Leci merupakan jenis buah yang masuk ke dalam gen Litchi pohon yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Pertama kali ditemukan di kawasan Asia yaitu Tiongkok, Nepal, serta Madagaskar juga menyebar ke Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Buah Leci populer digunakan untuk minuman segar kadang kali dikombinasikan dengan buah lainnya seperti stroberi. Tekstur daging buahnya menyerupai buah rambutan hanya saja sedikit lebih kenyal. Saat ini cukup mudah menemukan produk minuman olahan berbahan baku buah leci di supermarket maupun pasar tradisional.

Berikut ini tabel kandungan gizi nutrisi yang ada di dalam 100 gram buah leci:

Kandungan Satuan Jumlah
Air g 81.76
Energi kcal 66
Protein g 0.83
Lemak total g 0.44
Karbohidrat g 16.53
Serat total g 1,3
Gula total g 15.23
Kalsium, Ca mg 5
Besi, Fe mg 0.31
Magnesium, Mg mg 10
Phosphorus, P mg 31
Potassium, K mg 171
Sodium, Na mg 1
Zinc, Zn mg 0.07
Vitamin C mg 71.5
Thiamin mg 0,011
Riboflavin mg 0,065
Niacin mg 0,603
Vitamin B-6 mg 0,1
Folate, DFE µg 14
Vitamin B-12 µg 0.00
Vitamin A, RAE µg 0
Vitamin A, IU IU 0
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 0.07
Vitamin D (D2 + D3) µg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) µg 0.4
Asam lemak, total saturated g 0,099
Asam lemak,, total monounsaturated g 0,12
Asam lemak, total polyunsaturated g 0,132
Asam lemak, total trans g 0
Kolesterol mg 0
Caffeine mg 0
Sumber: USDA

Dari data tabel di atas bisa kita lihat komposisi air dalam buah Leci paling tinggi mencapai 81% inilah salah satu alasan mengapa banyak digunakan sebagai minuman penyegar, daging buah leci juga mampu menghasilkan cukup kalori yaitu 66 kilo kalori sebagai tambahan energi tubuh. Energi tersebut didapat dari kandungan protein, karbohidrat, serta gula yang ada di dalamnya.

Buah Leci cenderung terasa manis bahkan bagi beberapa orang terlalu manis karena memang komposisi gula total mencapai 15%. Beberapa produsen minuman yang menggunakan buah Leci sebagai bahan tambahan biasanya berusaha menekan kadar gula dengan menambahkan lebih banyak komposisi air.

Untuk Komponen mineral tidak terlalu kaya di dalam buah leci yang paling tinggi adalah kandungan potasium kalium angkanya 0,17%, kemudian diikuti oleh kalsium dengan jumlah 0,05%.

Yang patut dibanggakan dari buah leci adalah kandungan vitamin C total mencapai 0,07% paling tinggi dibandingkan dengan seperti asam folat, vitamin A, serta vitamin B. Dalam buah Leci juga terkandung sedikit vitamin K filokuinon yang biasanya banyak terdapat pada daun sirih. Hanya saja kandungan vitamin di dalam buah leci hampir 0%.

Kita beralih ke komposisi lemak pada buah Leci sangat rendah angka paling tinggi adalah asam lemak total Trans yang angkanya berjumlah 0.01%. Kabar baik adalah daging buah Leci tidak mengandung sama sekali kolesterol baik itu kolesterol jahat very low density lipoprotein maupun kolesterol lainnya. Kandungan kafein juga tidak nampak di dalam buah leci.

Dan berikut ini manfaat kandungan gizi nutrisi buah leci:

1. Mencegah dehidrasi
Kandungan air sangat tinggi pada buah Leci bisa membantu tubuh kita terhindar dari dehidrasi meskipun tidak terlalu banyak kandungan elektrolit. Buahnya bisa dikonsumsi secara langsung agar tubuh mendapatkan tambahan air selain itu daging buah Leci juga mampu menahan rasa lapar setidaknya untuk beberapa waktu.

Hanya saja perlu diperhatikan dalam kondisi haus sebaiknya jangan mengkonsumsi terlalu banyak buah ini karena dia tinggi kandungan gula ini cukup berbahaya bagi penderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis.

2. Penambah kalori
Seperti yang kita ketahui di atas pada tabel ada banyak sekali komposisi disini penghasil energi atau kalori dalam buah leci yaitu protein, karbohidrat, juga gula total di mana dia menghasilkan 66 kcal yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh sebagai energi.

Baca: Manfaat Kandungan Gizi Nutrisi Buah Alpukat

Jika buah ini disajikan untuk makanan penutup atau pencuci mulut ada baiknya dengan mengkonsumsi terlalu banyak selain memiliki rasa sangat manis tingginya kalori yang dihasilkan juga bisa membuat tubuh kelebihan kalori dan berpotensi menyebabkan obesitas walaupun buah Leci tidak memiliki kandungan kolesterol.

Buah Leci sangat baik dikonsumsi khususnya di bulan puasa saat berbuka puasa dimana tubuh setelah kehabisan banyak energi. Selain energi tubuh juga akan langsung mendapatkan asupan cairan yang banyak terkandung di dalamnya.

3. Sebagai antioksidan
Sebenarnya khasiat antioksidan di dalam buah Leci tidaklah terlalu tinggi seperti halnya pada buah mengkudu atau buah jeruk. Ini karena kandungan vitamin C yang ada didalamnya tidaklah terlalu tinggi tetapi secara keseluruhan bisa memberikan tambahan penangkal radikal bebas agar tubuh tidak mudah sakit.

4. Zat antikarsinogen
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi buah leci bisa membantu tubuh terhindar dari serangan sel kanker karena dia juga memiliki kandungan flavonoid. Tentu ini merupakan kabar baik karena saat ini prevalensi pertumbuhan penyakit kanker sangat tinggi dengan angka kematian cukup besar.

5. Mengatasi penyakit maag
Salah satu faktor utama munculnya penyakit maag adalah tingginya asam lambung dan melukai mukosa atau dinding lambung. Dengan mengkonsumsi buah Leci bisa meredakan penyakit ini karena dia memiliki rasa manis dengan tinggi kandungan gula serta banyak komposisi air di dalamnya. Ini merupakan cara efektif untuk menetralkan asam lambung dimana PH nya sangat tinggi.

6. Nutrisi bagi kulit
Manfaat lain dari kandungan buah Leci yaitu nutrisi baik bagi kulit kita yang bisa diberikan oleh thiamin dan niacin yang terkandung di dalamnya. Kandungan air buah Leci juga akan mencegah kulit dari gejala gejala dehidrasi seperti kering dan penurunan elastisitas, jika gejala itu terjadi maka akan semakin terlihat lebih cepat tua atau dalam bahasa sehari-hari disebut kulit keriput.

7. Menjaga kesehatan gusi dan mulut
Selain sebagai antioksidan manfaat vitamin C adalah menjaga kesehatan gusi dan mulut. Mungkin anda pernah menemui kasus seseorang sangat mudah mengalami gusi berdarah contohnya ketika melakukan aktivitas gosok gigi padahal tidak terjadi kontak terlalu keras namun gusinya mudah sekali mengeluarkan darah. Gejala seperti ini bisa terjadi karena dia kekurangan konsumsi vitamin C, masalah ini bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah leci hanya saja jumlahnya jangan terlalu berlebihan karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya bisa merusak struktur gigi.

Itulah manfaat dan tabel kandungan gizi nutrisi buah leci semoga artikel ini bermanfaat.