Manfaat & Kandungan Gizi Nutrisi Buah Alpukat

Manfaat Kandungan Gizi Nutrisi Buah Alpukat

Buah Alpukat

Buah alpukat adalah jenis buah yang banyak digunakan sebagai bahan baku minuman jus. Tumbuhannya berasal dari dataran Amerika Latin juga banyak dibudidayakan di wilayah Amerika Tengah, termasuk ke dalam jenis tanaman monokultur tumbuh subur di wilayah tropika di seluruh dunia.

Alpukat sering juga disebut dengan nama apokat atau avokad. Jenis tanaman ini dan buahnya baru populer di Indonesia ketika masa penjajahan Belanda membawanya dari dataran Eropa.

Berikut ini tabel kandungan gizi nutrisi yang terdapat di dalam buah alpukat dalam 100 gram:

Kandungan Satuan Jumlah
Air g 73.23
Energi kcal 160
Protein g 2
Lemak total g 14.66
Karbohidrat g 8,53
Serat total g 6,7
Gula total g 0.66
Kalsium, Ca mg 12
Besi, Fe mg 0.55
Magnesium, Mg mg 29
Phosphorus, P mg 52
Potassium, K mg 485
Sodium, Na mg 7
Zinc, Zn mg 0.64
Vitamin C mg 10
Thiamin mg 0,067
Riboflavin mg 0,13
Niacin mg 1,736
Vitamin B-6 mg 0,257
Folate, DFE µg 81
Vitamin B-12 µg 0
Vitamin A, RAE µg 7
Vitamin A, IU IU 146
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 2,07
Vitamin D (D2 + D3) µg 0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) µg 21.0
Asam lemak, total saturated g 2,126
Asam lemak,, total monounsaturated g 9,799
Asam lemak, total polyunsaturated g 1,816
Asam lemak, total trans g 0
Kolesterol mg 0
Caffeine mg 0

Kandungan air yang ada di dalam 100 gram buah alpukat cukup tinggi mencapai 73% hal ini menunjukkan mengapa dia banyak digunakan sebagai bahan baku jus karena mudah untuk diolah bercampur dengan bahan lainnya karena tekstur lunak. Alpukat juga mampu menghasilkan energi sebesar 160 kilo kalori yang didapat dari protein karbohidrat dan lemak total Adapun sebagian dari gula meskipun komposisinya Tidaklah terlalu banyak sekitar 0,6%.

Lanjut ke komposisi mineral di dalam 100 gram buah alpukat komponen paling tinggi adalah potasium setara 0,48% kemudian diikuti oleh fosfor sebesar 0,52%, dan yang ketiga adalah magnesium sejumlah 0,29%.

Untuk jajaran komposisi vitamin di dalam buah alpukat dari 100 gram 0,1% adalah Vitamin C, kaya juga akan kandungan vitamin E dan vitamin K. Hanya saja tidak terdapat kandungan vitamin D di dalamnya.

Kita beralih ke komposisi kandungan lemak di dalam buah alpukat Dimana ada 9,7%, asam lemak total monounsaturated, 2,1% asam lemak total saturated, dan 1,8% asam lemak total polyunsaturated. Data ini menunjukkan kandungan asam lemak total sangat tinggi di dalam buah alpukat. Tetapi yang perlu digarisbawahi buah alpukat tidak memiliki kandungan kolesterol.

Sedangkan untuk kandungan lainnya seperti kafein di dalam buah alpukat kadarnya hampir 0%.

Dan berikut ini manfaat kandungan gizi nutrisi didalam buah alpukat:

1. Mencegah dehidrasi

Dari tabel kandungan gizi nutrisi buah alpukat yang telah kita ulas diatas terdapat sangat banyak kandungan air di dalamnya tentu saja ini memiliki sisi positif untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Hanya saja untuk memenuhinya buah ini tidak bisa dikonsumsi begitu saja agar kita terhindar dari rasa haus tetapi terlebih dahulu harus diolah menjadi dalam bentuk minuman seperti juz.

Dengan cara ini dehidrasi dalam bentuk air serta mineral yang ada di dalamnya bisa membantu menghindari tubuh dari dehidrasi.

2. Penambah stamina
Meskipun kalori dan energi yang dihasilkan oleh buah alpukat tidaklah terlalu tinggi tetapi ini sudah membantu memenuhi kebutuhan kalori khususnya yang bersumber dari buah untuk tubuh kita. karena dalam pemenuhan nutrisi khususnya kalori harus diimbangi dari sumber nabati dan hewani.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Buah alpukat juga memiliki kandungan antioksidan dan seperti yang kita ketahui fungsi dari zat ini adalah membantu meningkatkan kualitas imun di dalam tubuh dalam upaya mencegah dan menurunkan resiko adanya antigen masuk. Ini artinya secara langsung dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat bisa menjaga daya tahan tubuh kita dengan kata lain meningkatkan antibodi.

4. Menurunkan hipertensi
Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang masuk ke dalam 10 besar untuk kategori global tentu saja Ini berlaku pula di Indonesia. Untuk bisa mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi memang dibutuhkan pemeriksaan mendalam khususnya mengetahui penyebab namun secara umum kebanyakan terjadi karena tidak seimbangnya adalah kadar potasium dengan kadar natrium atau garam di dalam darah.

Untuk mengatasi masalah ini tentu tubuh harus menyeimbangkan kedua elemen tersebut dan dengan mengkonsumsi buah alpukat merupakan salah satu solusinya karena didalamnya ada sekitar 485 mg potasium kalium.

5. Menjaga kesehatan tulang
Meskipun kandungan vitamin D didalam buah alpukat hampir tidak ada tetapi komponen yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang adalah kandungan mineral yaitu fosfor dan kalsium. Keduanya saling bekerja sama dalam pembentukan sel tulang, kandungan gizi dan nutrisi ini sangat dibutuhkan seperti pada kasus pengeroposan tulang atau penyembuhan pasca operasi fraktur.

6. Meningkatkan perkembangan otak
Anak usia 0 hingga 5 tahun merupakan usia emas dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. Selain karena faktor lingkungan dan internal latihan pengaruh pemenuhan gizi dan nutrisi juga sangat penting dimana pada usia tersebut anak sangat membutuhkan yang namanya asam folat serta vitamin penuh ya seperti niasin dan riboflavin.

Kandungan nutrisi tersebut ada di dalam buah alpukat.

7. Lemak sehat
Konsumsi buah alpukat mampu membantu menjaga komposisi lemak baik di dalam tubuh yang biasa disebut high density lipoprotein terhadap lemak jahat yaitu low density lipoprotein. Apalagi buah alpukat hampir tidak memiliki kandungan kolesterol di dalamnya dimana ini wajib dihindari oleh penderita kadar kolesterol tinggi di dalam darah karena resikonya cukup fatal bisa mengakibatkan penyakit stroke dan jantung koroner.

8. Mengatasi perdarahan
Ada dua komponen yang akan bergerak aktif Apabila tubuh mengalami perdarahan baik karena luka atau situasi tertentu yaitu trombosit dan vitamin K. Untuk vitamin K sendiri sudah dikenal luas sejak dulu melalui pengobatan herbal contohnya menempelkan daun sirih ketika terjadi kasus mimisan untuk menghentikan perdarahan, karena kandungan vitamin K sangat tinggi pada selembar daun sirih.

Dan ternyata komposisi gizi nutrisi vitamin K filokuinon di dalam buah alpukat yaitu sebesar 21 ug sedikit tidaknya membantu memperlambat perdarahan hanya saja pengaplikasiannya tidak seperti daun sirih yang ditempel secara langsung tetapi konsumsi secara bersama untuk meningkatkan kandungan vitamin K di dalam tubuh.

Itulah manfaat serta kandungan gizi nutrisi yang ada di dalam buah alpukat.